Tuesday, October 29, 2013

Kasus Peneroran Kuroko no Basuke

Aku kembali~ Dengan mood yang lumayan buruk... Alasannya, bisa dilihat dari judul postinganku kali ini. Animanga berjudul "Kuroko no Basuke" mendapat teror atau ancaman dari seseorang. Pada mulanya, terornya tidak terlalu membahayakan untuk animanga ini. Akan tetapi, ancaman yang terbaru ini sudah keterlaluan. Bagi yang belum mengetahui hal ini, akan aku jelaskan masalahnya dari awal.


Awal Peneroran Animanga Kuroko no Basuke

Teror ini dimulai dari bulan Oktober 2012. Fujimaki Tadatoshi-sensei, SMA Toyama dan Universitas Sophia tempat sensei menimba ilmu dulu, dan 10 tempat lainnya mendapat surat ancaman beserta bubuk (Universitas Sophia mendapat hidrogen sulfida) dari orang tidak dikenal yang menyebut dirinya "Kaijin 801 Mensou". Salah satu tempat yang mendapat surat ancaman adalah percetakan yang berada di Distrik Suginami, Tokyo. Percetakan ini mendapat bubuk barium dan sebuah surat ancaman yang berisi "Kalau kau tidak menghentikan manga konyol ini, kau akan mendapat hidrogen sulfida". Tidak hanya itu, orang ini pun mengirim surat ancamannya di berbagai event dan acara radio Kuroko no Basuke. Hingga November 2012, ada sekitar 20 lebih tempat yang berhubungan dengan Fujimaki-sensei dan Kuroko no Basuke dikirimi surat ancaman olehnya. Beberapa doujinshi event dan sebuah event dibatalkan atau ditunda eventnya akibat pengancam ini.

Peneroran Kuroko no Basuke Tahun 2013

Pada bulan Februari, beberapa doujinshi event melarang penjualan doujinshi Kuroko no Basuke pada event itu. Tetapi, ada pula yang mengijinkan, dan syukurnya event itu berjalan aman. Dan baru-baru ini, ancaman ini semakin menjadi-jadi. Pada 15 Oktober lalu Toserba 7-Eleven mulai menarik sementara makanan ringan Voi-Colle (Voice Collection) Kuroko's Basketball Wafers 2. Sekitar 1.500 dari 16.000 cabang 7-Eleven yang menyediakan snack ini langsung menarik kembali snack ini setelah melakukan pengecekan pada bungkusnya. Ini semua dilakukan setelah ada kiriman surat oleh Kaijin 801 Mensou yang berisi 

"Deklarasi perbuatan kriminal 
Aku telah meninggalkan produk makanan yang dilumuri racun di 7-Eleven"

Universitas Sophia pun kembali mendapat surat ancaman dari Kaijin 801 Mensou yang berisi "Hari-X akan terjadi pada hari terakhir festival sekolah.". Masih belum diketahui apa yang akan terjadi pada Hari-X itu, Tetapi, penarikan ini akan dilakukan hingga tanggal 4 November 2013 yang merupakan hari terakhir festival sekolah di Universitas Sophia. Tidak puas sampai disitu, ia juga mengirim ancaman yang berisi peringatan tentang racun itu ke Toserba Family Mart yang membuat "Ichiban Kuji Kuroko no Basuke ~Seirin & Kaijou" lotre merchandise dihentikan penjualannya. Akibat dari semua ancaman ini, Tsutaya, tempat rental CD, DVD, video game dan manga yang terkenal di Jepang ini mulai menarik semua DVD dan manga Kuroko no Basuke dari 1.300 lebih cabangnya. Ini diketahui dari seorang pengguna twitter perempuan di Jepang, yang mengatakan ia diberitahu oleh karyawan di cabang Tsutaya yang ada di pintu keluar barat Stasiun Ikebukuro, Tokyo bahwa semua DVD dan manga Kuroko no Basuke telah ditarik dari tempat rental itu sejak hari senin kemarin dan semua DVD dan manga itu akan selesai ditarik dari seluruh cabangnya pada 3 November 2013. The Culture Convenience Club, perusahaan pemilik Tsutaya, memberitahu website berita Netlab, "Inilah faktanya. [...] Kami membuat keputusan ini setelah menganalisa situasi saat ini."

                                                                                                                                                                                                                         

Inilah rangkuman tentang peneroran Kuroko no Basuke. Bener-bener deh... Benci sih benci, tapi yang seperti ini sudah keterlaluan. Apalagi sudah 1 tahun kasus ini terjadi dan pelakunya belum tertangkap! Yang benar saja.. Polisi Jepang sepertinya antara tidak terlalu mementingkan kasus ini atau memang belum mendapat petunjuk tentang pelakunya. Semoga saja polisi dapat menangkap pelakunya sebelum tanggal 4 November. Dan semoga tidak terjadi apa-apa pada tanggal 4 November. Amin.

Source: animenewsnetwork.com

2 comments:

  1. kakak tolong review anime ini dong Yozakura Quartet : Hana no Uta soalnya pengen tau sinopsisnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumimasen baru sekarang liat komennya! orz
      Yozakura Quartet: Hana no Uta akan segera dipost!

      Delete